PKK ACEH BESAR

Portal Resmi Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar

Tim Penilaian Desa Kerajinan Tingkat Provinsi Kunjungi Gampong Miruek Taman

Tim Penilaian Desa Kerajinan Tingkat Provinsi Kunjungi Gampong Miruek Taman

Aceh Besar, Media Center —Tim Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh didampingi Ketua Dekranasda Aceh Besar Hj. Rahmah Abdullah, SH mengunjungi Gampong Miruek Taman Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Kunjungan itu dalam rangka pembinaan dan penilaian Desa Kerajinan Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021, Aceh Besar, Miruek Taman, Kamis (5/8/2021)

Rahmah Abdullah, dalam sambutannya mengatakan, untuk meningkatkan kerajinan songket di Aceh Besar, Dekranasda terus mencari dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

“Alhamdulillah,  sejak dua tahun yang lalu, kami pihak Dekranasda sudah berkerja sama dengan pihak Bank Indonesia dan itu ditandai penandatangan MOU dengan Bupati Aceh Besar untuk pembinaan selama 3 tahun,” katanya

Ia menjelaskan, pembinaan bersama pihak Bank Indonesia dilaksanakan ada beberapa tahap.

“Tahap pertama pelatihan dasar, tahap kedua pelatihan motif dan untuk tahap ketiga kita lebih menerapkan adanya kolaborasi antara perajin songket dengan perajin lain seperti perajin tas bordir, penjahit baju dan designer demi terciptakan produk yang berkualitas dan mempertahankan nilai seni,” jelasnya

Semetara, Ketua Tim pembinaan dan penilai Desa kerajinan, Drs. Syahrial A.K, M.Si, menyampaikan, Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Ketua Dekranasda Aceh Besar.

“Hari ini saya sangat terkesan dengan ketua Dekranasda Aceh Besar yang sangat energik, karena uraian ibu tadi menunjukkan bahwa ibu seorang aktivis dibidang kerajinan. Kalau kita umpamakan “Seperti saluran irigasi yang begitu kencang”. Kenapa begitu, karena ibu sangat menguasai historis dan berani mengambil kebijakan dengan data-data yang dimiliki,” ucapnya

Lebih lanjut, Para perajin di Aceh Besar sangat beruntung memiliki seorang pemimpin seperti Rahmah Abdullah.

“Harus ibu-ibu ketahui, Kami dari Tim Penilai Dekranasda Provinsi sudah melakukan pembinaan serta penilai terhadap 23 Kabupaten/kota dan kami sudah mengerti betul siapa ketua yang perkerja atau hanya melakukan kunjungan-kunjungan seremonial saja. Nah, hari ini sudah terbukti bahwa ketua Dekranasda Aceh Besar sudah membuktikan diri sebagai Ketua yang pekerja keras,” tutupnya

Maka dari itu, kami harap kepada para perajin songket di Miruek Taman kedepan harus tingkatkan lagi kemampuan menenun. Apalagi, sudah ada pembinaan dan MOU kerjasama selama 3 tahun dengan pihak Bank Indonesia.

Diakhir kegiatan ketua Dekranasda Aceh Besar bersama Koordinator wilayah I menyerahkan bantuan serta penandatanganan berita acara serah terima bantuan bahan baku yang diterima langsung oleh ketua kelompok Juliati.

Turut hadir, Asisten II Setdakab Aceh Besar, Muspikan Kecamatan Darussalam, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh Besar, Perangkat Desa Miruek Taman, Pengurus Dekranasda dan perajin songket.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan