PKK ACEH BESAR

Portal Resmi Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar

Ketua PKK Aceh Besar : Ketahanan Pangan Kunci Hadapi Pandemi dan Pulihkan Ekonomi

Ketua PKK Aceh Besar : Ketahanan Pangan Kunci Hadapi Pandemi dan Pulihkan Ekonomi

Aceh Besar, Media Center–  Ketua Tim Penggerak PKK  Aceh Besar mendorong peningkatan ketahanan pangan daerah dan keluarga sebagai solusi kunci menghadapi pandemi Covid-19 sekaligus memulihkan ekonomi lokal.

”Ketahanan pangan tidak hanya terkait pemenuhan kebutuhan tubuh pada setiap jiwa di keluarga, tapi juga berkaitan erat dengan bagaimana ekonomi lokal bergerak, karena besarnya kontribusi sektor pertanian ke perekonomian daerah,” hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Besar Hj.Rahmah Abdullah,SH saat menghadiri <span;>kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tanaman Organik dan Pangan Sehat bagi masyarakat petani tanaman organik pada tiga gampong di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Jum’at (26/3/2021).

Kegiatan sosialisasi dan Bimtek yang berlangsung di Aula SMK PP Negeri Saree itu merupakan hasil kolaborasi TP PKK Aceh bersama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh.

Pada kesempatan tersebut, Rahmah Abdullah, mengatakan, ketahanan pangan berdimensi pada dua hal. Pertama, kemampuan daerah menjaga produktivitas sektor pertanian. Kedua, kemampuan masyarakat untuk mengakses bahan pangan.

”Artinya, ada faktor supply and demand. Dan itu berkaitan dengan soal kesejahteraan tiap-tiap rumah tangga. Ini penting diperhatikan agar pandemi Covid-19 bisa kita lewati dengan baik, sekaligus upaya pemulihan ekonomi bisa cepat dilakukan karena sebagian besar pelaku usaha lokal bergerak di sektor pertanian dengan berbagai subsektor dan turunannya,” paparnya

Menurutnya, sosialisasi ini merupakan salah satunya program PKK yaitu Hatinya PKK, Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pengembangan usaha tani serta pengolahan hasil tanaman pangan.

Ia berharap kepada masyarakat yang mengikuti <span;>Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tanaman Organik dan Pangan Sehat bagi masyarakat petani tanaman organik pada tiga gampong di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar <span;>tersebut bisa menerapkan ilmu serta dapat berbagi ilmunya kepada masyarakat sekitar.

“Memanfaatkan halaman rumah sebagai sumber pangan minimal lingkup keluarga tanpa peptisida, dengan tanaman hidroponik baik itu sayur-sayuran, tanaman buah, tanaman obat, hingga tanaman hias sehingga dapat memanfaatkan pekarangan dilahan sempit atau terbatas dengan bahan media yang mudah didapat,”ujarnya

Selain itu, Ia juga menyampaikan terima kasih kepada
Balai pengkajian teknologi pertanian Aceh dan TP PKK Provinsi Aceh yang telah memfasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis Tanaman Organik dan Pangan Sehat bagi masyarakat petani tanaman organik pada tiga gampong di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan